Waduh, Netflix Kena Pajak Digital! Gimana Ini?

Ada yang lagi ramai nih. Yup, betul sekali. Mulai 1 Agustus 2020, Netflix resmi menaikkan tarif langganan bulanannya. Kenaikan tarif tersebut disebabkan oleh penerapan pajak pertambahan nilai (PPN) atas barang dan jasa digital atau pajak digital yang berlaku di Indonesia.

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 48 Tahun 2020, pemerintah mewajibkan platform layanan digital untuk membayar pajak pertambahan nilai sebesar 10% atas barang dan jasa digital yang dijual kepada pelanggan di Indonesia. Penarikan pajak ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mendorong penerimaan negara. Waduh, kira-kira bagaimana ya tanggapan Jakpaters tentang kenaikan tarif langganan Netflix ini ya?

Baca juga: Apa Sih Survey Validasi Identitas?

Tempo hari Jakpat menyebarkan survey kepada 4963 responden yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari hasil survey tersebut, 60.49% di antaranya mengaku tidak menyetujui adanya kenaikan tarif langganan Netflix sebagai dampak adanya pajak pertambahan nilai. Sebaliknya, 39.51% sisanya justru menyetujui penerapan ini. Lantas, apakah kenaikan tarif langganan ini berpengaruh pada rencana berlangganan mereka? Yuk, simak hasil survey Jakpat di bawah ini!

hasil-surve-pajak-digital-netflix
Hasil Survey Jakpat (Instagram)

Ternyata sebagian besar merasa terpengaruh dengan kenaikan tarif langganan Netflix. Mereka yang belum berlangganan Netflix menjadi berpikir ulang tentang rencana berlangganannya. Beberapa bahkan berniat untuk berhenti berlangganan Netflix. Namun demikian, banyak juga yang merasa tidak terpengaruh karena sejak awal memang tidak berminat untuk berlangganan Netflix. Tentunya, tetap ada yang tidak terpengaruh dan akan tetap berlangganan Netflix sebagai platform streaming drama, series, dan film-film favorit mereka.

Baca juga: Apa Saja yang Bisa Kamu Tukar di Jakpat?

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana tanggapan Jakpaters tentang kenaikan tarif langganan Netflix. Kalau kamu sendiri, bagaimana tanggapannya? Apakah masih galau ingin lanjut atau berhenti berlangganan? Daripada galau, mending sekarang kamu kumpulkan poin Jakpat dengan mengisi survey yang tersedia. Akan ada hadiah-hadiah menarik yang bisa kamu tukarkan, lho. Ayo ajak teman-teman kamu untuk install Jakpat dan #UbahPendapatJadiPendapatan!

 38,525 total views,  178 views today

Leave a Comment