Penting! Begini Cara Menjawab Open-Ended Question

Salah satu tujuan diadakannya survei adalah untuk mengetahui apa yang dipikirkan orang tentang suatu hal. Pada umumnya ada dua jenis pertanyaan yang diajukan saat survei, yaitu open-ended question dan closed-ended question.

Open-ended question atau pertanyaan terbuka merupakan pertanyaan yang tidak bisa dijawab hanya dengan menjawab ‘ya’ atau ‘tidak’, sehingga responden perlu menjawab dengan kata-kata sendiri. Sebaliknya, closed-ended question atau pertanyaan tertutup merupakan pertanyaan dengan beberapa alternatif pilihan jawaban yang disediakan, seperti pilihan ganda, ‘ya’ atau ‘tidak’, maupun pertanyaan dengan skala jawaban.

Baca juga: Waduh, Netflix Kena Pajak Digital! Gimana Ini?

Mengingat open-ended question didesain untuk menggali lebih banyak informasi dibandingkan closed-ended question, maka responden diminta untuk menjelaskan poin yang ingin disampaikan. Bingung bagaimana caranya? Yuk, simak hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan saat menjawab open-ended question berikut ini!

Hal yang Diperbolehkan (Do’s)

  1. Memahami pertanyaan dengan baik

Sebelum menjawab pertanyaan, pastikan kalau kamu paham maksud dari pertanyaan tersebut. Dengan memahami pertanyaan, kamu bisa memikirkan dengan baik jawaban yang akan kamu berikan.

  1. Menyampaikan jawaban dengan sopan

Sering kali kita lupa untuk menghargai orang lain, baik dalam sikap maupun tutur kata. Maka dari itu, salah satu bentuk menghargai orang lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan bahasa yang sopan untuk menjawab pertanyaan yang diajukan.

  1. Menjawab pertanyaan dengan jujur

Saat memberikan pertanyaan, surveyor tentu mengharapkan jawaban yang sebenar-benarnya dari responden. Oleh karenanya, jawablah pertanyaan yang diajukan dengan jujur sesuai apa yang kamu rasakan atau kondisi kamu saat itu.

  1. Memberikan jawaban yang relevan dan berkualitas

Jawaban yang kamu berikan itu penting, lho. Jadi, kamu harus memberikan jawaban yang relevan dan berkualitas. Jangan sampai jawaban kamu menyimpang dari pertanyaan. Tidak perlu terlalu panjang dan bertele-tele, yang penting kamu bisa menceritakan poin yang ingin kamu sampaikan dan mudah dipahami.

open-ended-question-1
Source: Jakpat

Hal yang Tidak Diperbolehkan (Don’ts)

  1. Menggunakan bahasa yang kasar dan tidak sopan

Kata-katamu adalah kualitas dirimu. Kamu tidak ingin kan seseorang menilai buruk tentang kamu? Maka, jangan menggunakan bahasa yang kasar dan tidak sopan, apalagi mengandung unsur pornografi.

  1. Menjawab dengan ujaran kebencian

Ujaran kebencian atau hate speech biasanya menyangkut aspek ras, warna kulit, gender, cacat, orientasi seksual, kewarganegaraan, agama dan lain-lain. Pastikan jawaban kamu tidak menyinggung hal-hal sensitif tersebut, ya!

  1. Menjawab pertanyaan secara asal

Ini sangat penting. Jangan pernah menjawab pertanyaan secara asal-asalan, apalagi sampai berbohong. Hal ini bisa membuat jawaban kamu tidak valid.

  1. Terburu-buru yang penting selesai

Kalau kamu diminta untuk menjelaskan jawabanmu, maka jelaskanlah sebaik-baiknya. Jangan terburu-buru menjawab agar cepat selesai, apalagi dengan jawaban standar dan terlalu singkat, karena hal tersebut belum tentu menjawab pertanyaan.

open-ended-question-2
Source: Jakpat

Baca juga: Kenapa Harus Mendaftarkan Email di Jakpat?

Nah, sekarang sudah paham kan bagaimana menjawab open-ended question atau pertanyaan terbuka dengan baik? Jangan lupa diterapkan saat mengisi survey dari JAKPAT, ya!

 38,558 total views,  232 views today

Leave a Comment