Trend Fashion Saat Lebaran yang Tak Lekang Oleh Waktu

Jakpat melakukan survei terhadap 1.210 responden untuk mengetahui rencana belanja fashion untuk Lebaran. Sebanyak 83% responden berencana membeli fashion dan aksesori baru. Melihat kecenderungan itu, trend fashion saat Lebaran pun mulai terlihat dan dapat diramalkan.

Baju Lebaran Putih Masih Menjadi Tren

Warna putih identik dengan makna Idulfitri yaitu bersih atau suci. Meski baju Lebaran saat ini sudah hadir dalam berbagai warna dan model, baju putih masih menjadi pilihan bagi sebagian orang. Warna putih dan pastel juga cukup menarik ditampilkan sebagai aksen pada pakaian.

Menurut Dian Pelangi, dikutip dari Wolipop, pakaian putih tidak termakan waktu sehingga masih cocok untuk dipakai Lebaran tahun ini atau kapan pun. Selain itu, baju putih untuk dipakai ketika salat Idulfitri sudah menjadi tradisi, sehingga trennya tidak akan pudar. 

Produk Fashion untuk Lebaran

Item fashion muslimah untuk merayakan Lebaran umumnya tidak berubah dari tahun ke tahun. Berikut ini beberapa produk yang biasa dibeli jelang Ramadan dan perayaan Idulfitri.

1. Gamis, Abaya, dan Kaftan

Gamis memiliki potongan yang sederhana tetapi elegan. Pakaian ini bisa dikenakan sebagai pakaian harian, menghadiri acara formal maupun nonformal, serta berlebaran. Kini, baju gamis hadir dengan berbagai model yang menarik.

img src:
https://www.hipwee.com/style/model-kaftan-lebaran/

Di samping gamis, ada abaya, pakaian muslimah yang dibuat dari material sintetis berwarna hitam dengan hiasan bordir atau payet warna-warni. Pakaian ini memberikan kesan mewah atau glamor bagi pemakainya.

Sedangkan kaftan, yaitu pakaian muslimah yang menyerupai gamis, tetapi lebih longgar dan lengannya lebih panjang.

2. Hijab Instan

Hijab semakin beragam modelnya dari waktu ke waktu. Mulai dari yang sederhana hingga mewah, Jakpaters bisa memilih sesuai selera masing-masing. Salah satu model hijab terfavorit saat ini, yaitu hijab instan.

Hijab ini cocok dipakai ketika Lebaran karena tidak memakan waktu lama untuk memakainya. Siap-siap untuk bepergian pun menjadi semakin cepat.

Selain yang instan, hijab polos segiempat dengan warna pastel juga masih diminati karena bentuknya yang sederhana dan mudah dipadu-padankan dengan aneka model pakaian.

3. Pasmina

Pasmina masih diminati sebagai item penutup kepala. Bahannya lembut, hangat, dan mudah dibentuk, sehingga pasmina cukup mahal. Bentuknya yang panjang juga digemari karena dapat dipakai dengan berbagai variasi sesuai kreativitas.

img src:
https://id.pinterest.com/pin/467741111284425122/

4. Blus Muslim

Selain gamis, baju atasan juga masih diminati untuk dipadukan dengan rok atau celana panjang. Blus muslim umumnya memiliki potongan longgar dan panjang hingga menutupi pinggang atau atas lutut.

5. Mukena

Mukena biasa dipakai untuk salat di negara Indonesia, Malaysia, dan Singapura. Membeli mukena baru untuk menyambut Ramadan dan Lebaran juga menjadi tradisi setiap tahun.

Dulu, mukena hanya tersedia dalam warna putih. Namun, kini warnanya semakin beragam, begitu pula dengan model dan bahannya.

Tips Berpakaian di Hari Lebaran

Untuk Lebaran, usahakan baju yang dipilih bersifat multifungsi, sehingga bisa digayakan dengan berbagai macam model dan tampak segar.

Bagi Anda yang biasanya mengenakan pakaian sarimbit saat Lebaran, cobalah berganti gaya. Kenakan pakaian dengan perpaduan warna dan motif yang modis dan serasi untuk mengantisipasi kejenuhan.

Perhatikan juga siluet baju. Jangan pilih pakaian berlengan lonceng atau balon yang besar karena akan merepotkan terutama ketika menyajikan hidangan. Hindari juga pakaian dengan bahan yang mudah berbau karena jika terkena asap, aromanya akan menempel.

Baca juga >>
https://jakpat.net/info/7-kegiatan-saat-puasa-yang-bisa-menjadikan-ramadan-semakin-bermakna/

Untuk aksesori, gunakan seminimal mungkin. Pilihlah baju yang sudah memiliki aksesori, sehingga Jakpaters tidak perlu menambah aksesori lain. Pakailah hijab yang simpel, cepat dikenakan, dan tidak memerlukan banyak jarum agar aktivitas sepanjang hari menjadi nyaman.

Nah, itulah trend fashion saat Lebaran yang awet dari tahun ke tahun. Dengan membeli pakaian yang model dan warnanya tidak luntur oleh waktu, Jakpaters bisa memakainya kembali kapan saja.

Sumber:
https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160630184233-277-142206/gaya-baju-yang-baiknya-dihindari-saat-lebaran
https://www.dewiku.com/fashion/2019/03/24/140000/stylish-dan-modest-5-busana-muslim-terfavorit-saat-ini
https://blog.jakpat.net/ramadhan-road-to-purchase-belanja-fashion-dan-aksesoris-untuk-lebaran-survey-report/
https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-3529053/baju-lebaran-warna-putih-masih-tren-atau-sudah-kuno-ini-kata-desainer

 375 total views,  2 views today

Leave a Comment