Para Calon Ibu, Simak Apa Saja Persiapan Melahirkan yang Penting Diperhatikan

Setelah menikah, sudah berapa orang yang bertanya pada Jakpaters soal momongan? Eits, jangan dulu berpikiran buruk, bisa jadi pertanyaan itu adalah doa. Daripada berasumsi macam-macam, lebih baik Jakpaters menyimak apa saja persiapan melahirkan berikut ini. Siapa tahu waktunya sudah dekat.

1. Persiapan Awal

Tepat setelah mengetahui alat tes kehamilan menampilkan hasil positif, segeralah berkomunikasi dengan suami. Sebaiknya suami adalah orang pertama yang mengetahui kabar gembira ini. Disusul kemudian orang-orang terdekat lainnya, seperti orang tua dan saudara-saudara Jakpaters.

Selanjutnya, pastikan suami memprioritaskan kehamilan ini sebagai yang utama. Komunikasikan kepadanya bahwa dukungan suami siaga akan sangat membantu proses, semasa awal kehamilan, hingga persalinan. Bahkan tidak terkecuali dalam membesarkan anak nanti.

Carilah informasi dan berilah pengertian kepada suami mengenai tugas-tugas pentingnya selama masa kehamilan. Jangan lupa minta bantuan orang tua atau kerabat lain, untuk menjadi pengganti suami dan berjaga-jaga apabila dirinya terpaksa tidak bisa menemani Jakpaters.

2. Periksakan Secara Berkala

Jangan terlalu larut dalam kegembiraan sebelum benar-benar memastikan kondisi kehamilan. Periksakan kehamilan ke dokter kandungan untuk mendapatkan pengetahuan lebih lanjut mengenai kondisi perut dan calon buah hati.

img src:
Photo by rawpixel.com from Pexels

Dokter akan memberikan banyak informasi sekaligus anjuran yang perlu diperhatikan ibu-ibu dalam menjaga kesehatan janin. Lakukan pemeriksaan rutin setiap periode tertentu sesuai anjuran dokter. Ini penting untuk terus memonitor kondisi kehamilan dan mencegah timbulnya masalah.

3. Persiapan Teknis

Pada poin persiapan melahirkan ketiga ini, Jakpaters perlu merencanakan banyak hal. Di antaranya menentukan rumah bersalin dan metode melahirkan. Kemudian mempersiapkan berbagai perlengkapan yang akan dibutuhkan selama masa kehamilan, persalinan, serta setelah kelahiran.

Selama memeriksakan diri ke dokter kandungan, Jakpaters bisa menyelipkan pertanyaan-pertanyaan seputar rekomendasi rumah bersalin dan metode melahirkan. Dokter pasti punya pertimbangan matang, tentunya dengan memperhatikan kondisi ibu dan janin.

Untuk itu, silakan mencari informasi sebanyak mungkin. Bisa dengan bertanya kepada dokter kandungan atau menyimak konten seputar kehamilan di media cetak dan elektronik. Lebih baik lagi apabila Jakpaters memiliki kenalan yang bisa membagi pengalamannya saat hamil dan melahirkan.  

Jakpaters akan diharuskan menginap di rumah bersalin menjelang proses melahirkan. Oleh karenanya, persiapkan juga perbekalan sebelum berangkat ke rumah sakit. Bawalah barang-barang kebutuhan yang paling nyaman, pastikan terdapat pembalut khusus untuk ibu melahirkan.

4. Persiapan Fisik

Persiapan fisik begitu penting untuk menjaga stabilitas tubuh, terlebih jika ibu hamil berencana melahirkan secara normal. Lewat latihan fisik yang mumpuni, diharapkan persalinan berjalan lebih mudah tanpa kendala berarti.

Beberapa latihan fisik yang dianjurkan bagi ibu hamil, antara lain latihan jongkok untuk memperkuat otot paha dan panggul, kemudian senam kegel untuk melatih organ kewanitaan, latihan penjahit duduk agar tubuh ibu hamil lebih lentur, serta latihan panggul.

img src:
Photo by freestocks.org from Pexels

5. Persiapan Mental

Poin terakhir ini biasanya kurang diperhatikan. Padahal persiapan mental yang baik dapat meningkatkan performa Jakpaters pada masa hamil, dalam rangka melakukan proses persalinan, dan pasca melahirkan.

Tanpa kesiapan mental, pasti akan sulit menerima bayangan-bayangan tentang sakitnya melahirkan normal. Ketakutan yang berlebihan membuat ibu hamil tegang dan pasti berpengaruh pula pada kandungannya.

Persiapan mental dapat dilakukan dengan cara konseling, baik dengan ahli psikologi maupun orang-orang terdekat. Berteman dengan orang yang berpengalaman melakukan persalinan juga baik untuk menghindari ketakutan, setidaknya ibu hamil dapat mengetahui apa yang bakal dihadapi.

Nah, itulah lima poin persiapan yang sebaiknya dilakukan oleh ibu hamil. Semuanya penting, oleh karena itu usahakan tidak melewatkan satu pun. Dengan mengetahui apa saja persiapan melahirkan, diharapkan proses persalinan dapat berjalan normal. Ibu dan bayi lahir dalam keadaan sehat wal afiat.

Sumber:
https://bidanku.com/melahirkan-normal
https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/persiapan-melahirkan/
https://www.alodokter.com/bekal-persiapan-melahirkan-bagi-calon-ibu

 2,218 total views,  3 views today

Leave a Comment