Pusing Si Kecil Susah Makan? Inilah 4 Tips Membujuk Anak Makan Paling Efektif

Masalah anak susah makan semakin banyak dialami orang tua saat ini. Tidak jarang beberapa orang tua justru mengalami stres akibat masalah tersebut. Untuk mengurangi masalah tersebut, para orang tua harus mempunyai trik dan tips membujuk anak makan yang efektif.

Saat anak sedang aktif-aktifnya bermain, terkadang mereka lupa untuk makan dengan teratur. Kondisi demikian banyak dialami oleh seluruh orang tua. Nah, jika Jakpaters mempunyai buah hati yang susah makan, tips di bawah ini cocok diterapkan!

1.Jangan Paksa Anak Makan dengan Nada Membentak dan Marah

Tips membujuk anak makan yang pertama adalah jangan memaksa. Kebanyakan orang tua kehilangan kesabaran saat anaknya susah makan. Akibatnya, para orang tua akan memaksa anak makan dengan nada membentak dan marah.

img src :
https://www.pexels.com/photo/baby-s-green-and-purple-highchair-973970/

Hal demikian justru akan membuat anak semakin malas untuk makan. Mereka tidak akan mempunyai semangat untuk menyantap makanan yang sudah disiapkan. Namun, berikan kesan yang menyenangkan sedari awal agar dapat menumbuhkan nafsu makan anak.

Jakpaters dapat membujuk sang anak dengan lembut dan rayuan-rayuan manis. Namun, jangan sampai memberikan iming-iming atau hadiah jika anak mau makan dengan teratur. Iming-iming justru akan membentuk karakter yang tidak baik untuk anak.

2.Sajikan Makanan yang Beragam Setiap Hari

Sajikan makanan yang beragam dapat menjadi salah satu tips membujuk anak makan yang sangat jitu. Jakpaters harus mampu menyajikan dan mengombinasikan makanan setiap harinya, karena menu yang beragam akan dapat meningkatkan gairah makan anak dengan baik.

Jangan khawatir, makanan yang beragam tidak harus mahal dan mewah. Jakpaters hanya perlu mencari resep masakan dengan bahan-bahan sederhana namun dapat menciptakan makanan yang luar biasa. Ciptakanlah makanan-makanan unik yang belum pernah dirasakan anak-anak sebelumnya.

Dengan begitu, anak akan merasakan beragam cita rasa makanan. Anak-anak pasti tidak akan sabar untuk menunggu menu makan keesokan harinya. Maka, tips ini jelas mampu meningkatkan napsu makan anak menjadi lebih baik lagi.

3.Tanya Makanan Kesukaannya

Makanan kesukaan selalu dapat meningkatkan nafsu makan anak. Oleh karena itu, para orang tua sebaiknya bertanya mengenai makanan kesukaan mereka. Para orang tua boleh sesekali menyajikan makanan kesukaan sang buah hati. Namun, jangan terlalu sering, ya!

img src:
https://www.pexels.com/photo/baby-s-green-and-purple-highchair-973970/

Alasannya, jika anak terlalu sering menyantap makanan kesukaannya, mereka akan malas untuk mencicipi makanan lain. Oleh karena itu, Jakpaters harus pandai dalam menyusun menu makanan setiap harinya agar tetap seimbang.

Buatkan juga jadwal makanan untuk sang anak agar mereka disiplin dalam makan. Sertakan pula jadwal tersebut dengan menu-menu makannya. Tempel jadwal tersebut pada dapur atau pun tempat makan untuk selalu mengingatkan anak dengan sendirinya.

Baca juga >>
https://jakpat.net/info/persiapan-melahirkan-yang-penting-diperhatikan/

4.Ciptakan Suasana Makan yang Menyenangkan

Tips membujuk anak makan yang terakhir adalah menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Contohnya adalah dengan makan bersama keluarga atau makan secara beramai-ramai. Suasana makan seperti ini dirasa akan lebih memberikan kenikmatan daripada harus makan seorang diri.

Selain itu, makan bersama keluarga akan lebih mempererat rasa kekeluargaan dan mencontohkan karakter yang baik untuk anak. Anak juga akan mengerti bahwa adab makan yang baik adalah di meja makan.

Makan bersama juga dapat menjadi cara untuk orang tua menanamkan tata krama yang baik kepada anak.  Sehingga, akan tertanam karakter yang sopan dan santun serta terbiasa disiplin sejak dini.

Begitulah 4 tips membujuk anak makan yang paling efektif dan pasti berhasil. Maka, kini Jakpaters tak perlu stres bila si kecil susah makan. Jadikanlah ini sebagai proses sebagai orang tua dalam mendidik anaknya. Semoga bermanfaat!

 1,902 total views,  2 views today

Leave a Comment