Masih Ragu dengan Sistem Homeschooling? Ketahui Dulu Berbagai Keuntungannya!

Homeschooling menjadi salah satu sistem pendidikan di Indonesia yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Seperti namanya, sekolah dengan sistem ini memang dilakukan di rumah masing-masing. Namun, banyak orang tua, termasuk Jakpaters, yang masih ragu dengan sistem pendidikan tersebut.

Apakah sistem sekolah di rumah akan lebih efektif dari sekolah formal biasa? Untuk menjawab semua keraguan Jakpaters, di bawah ini akan diberikan beberapa keuntungan dari sistem sekolah ini. Simak ulasannya!

1.Anak Akan Belajar dengan Lebih Kondusif

img src:
https://pioneerinstitute.org/

Sistem pembelajaran di rumah justru akan lebih kondusif dan terkontrol dengan baik, daripada pembelajaran formal biasa. Anak akan belajar sendiri di rumah dengan didampingi oleh seorang guru. Oleh karena itu, anak akan lebih fokus pada proses pembelajaran.

Kondisi rumah yang tenang akan memberikan kenyamanan kepada anak. Selain itu, anak juga tidak akan terganggu oleh suasana berisik maupun gaduh. Sehingga, pembelajaran dengan model di rumah memang dirasa lebih kondusif bagi kegiatan pembelajaran.

2.Waktu Belajar Anak Lebih Fleksibel

Pembelajaran homeschooling jelas lebih fleksibel, karena orang tua dan anak dapat melakukan kesepakatan kapan waktu terbaik untuk belajar. Proses pembelajaran dengan sistem ini lebih mengikuti alur anak, sehingga ia tidak akan merasa tegang dan bosan.

Berbeda dengan sekolah formal pada umumnya yang mengharuskan anak berangkat pagi dan pulang siang bahkan sampai sore. Hal tersebut justru dapat menjadi pemicu kejemuan dan stres. Maka melalui sistem pembelajaran di rumah, anak dapat dengan bebas menentukan waktu belajarnya sendiri.

3.Pembelajaran Disesuaikan dengan Kebutuhan Anak

Konsep belajar di rumah jelas disesuaikan dengan kebutuhan anak. Mulai dari penyampaian materi, model pembelajaran hingga taktik pembelajaran disesuikan dengan kebutuhan satu anak saja. Sehingga guru pun akan lebih mudah dalam menyampaikan materi, karena tidak terbagi-bagi dengan siswa lain.

img src:
https://singapore.theexpat.com

Cara tersebut jelas akan memaksimalkan proses pembelajaran. Anak akan dapat menyerap informasi lebih baik, karena disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak tersebut. Model seperti ini jelas mampu meningkatkan prestasi belajar anak.

4.Orang Tua dapat Melakukan Pengawasan Penuh

Pembelajaran homeschooling yang dilakukan di rumah sendiri akan memberikan orang tua pengawasan penuh kepada anak. Para orang tua akan dapat mengawasi perkembangan anaknya sendiri dengan lebih maksimal.

Selain itu, orang tua juga tidak perlu khawatir kepada anaknya, karena mereka belajar di lingkup rumah yang aman. Oleh karena itu, Jakpaters kini tidak perlu ragu lagi dengan sistem pembelajaran yang banyak mendatangkan manfaat ini.

5.Prestasi, Minat, dan Bakat Anak Lebih Diperhatikan

Homeschooling memang identik dengan belajar seorang diri di rumah dengan guru privat. Suasana pembelajaran yang demikian dapat menggali prestasi, minat, dan bakat anak lebih dalam lagi. Guru pendamping akan lebih memahami karakter anak didiknya, sehingga akan lebih mudah dikembangkan.

Anak akan lebih terbimbing secara fokus untuk dapat mengetahui minat dan bakatnya yang terpendam. Melalui sistem pendidikan ini, anak akan lebih leluasa melakukan semua keinginannya, sehingga minat dan bakatnya dapat tergali dengan baik.

Baca juga >>
https://jakpat.net/info/bagaimana-memilih-jurusan-untuk-kuliah-yang-tepat/

6. Mengasah Keberanian Anak

Ketika menempuh pendidikan formal biasa, anak pemalu pasti tidak akan terlihat karena didominasi oleh anak-anak yang aktif. Melalui pembelajaran di rumah, anak akan dibimbing dengan pasti untuk berani mengungkapkan pikirannya sendiri.

Metode belajar seorang diri akan dapat menumbuhkan keberanian anak seperti bertanya, menjawab, menyampaikan pendapat, dan lain sebagainya. Karakter-karakter anak di sini akan mudah digali dan juga dibentuk.

Itulah beberapa keuntungan dari sistem homeschooling yang wajib dipahami ketika Jakpaters memilih program pendidikan ini. Banyaknya keuntungan tersebut  membuat sistem ini kini banyak dipililih oleh orang tua. Jadi, apakah Jakpaters masih ragu?

Sumber:
https://dosenpsikologi.com/manfaat-home-schooling

 1,413 total views,  1 views today

Leave a Comment